Kamis, 25 Oktober 2012

Profil Abdussalam Innovation Studies

                Abdussalam Innovation Studies atau dikenal dengan AIS merupakan persatuan dan perkumpulan atau bisa dikatakan perserikatan bagi orang-orang yang memiliki inovasi/ strategi/ metode dan lain-lain untuk memajukan dunia pendidikan melalui Informal Education. AIS berdiri sejak tahun 2012 diawali oleh keinginan seorang pemuda madura yang bernama Abdussalam untuk membuat gebrakan dan inovasi dalam rangka mewujudkan cita-citanya di bidang pendidikan.

                Abdussalam mempunyai nama lengkap Abdussalam Ramli. Beliau lahir tanggal 04 Juni 1990 dari daerah perkampungan di utara Pamekasan, Waru,  dari keluarga yang sangat sederhana yaitu Ramli dan Batiah. Beliau memiliki 8 saudara yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan yang notabeni dikenal di daerah itu. Beliau tamat dari TK Darul Hikmah pada tahun 1996 dimana beliau menempuh pendidikan dini tersebut selama kurang lebih 3 tahun. selanjutnya beliau melanjutkan ke sekolah dasar di dekat rumahnya yaitu SDN 05 Waru Barat pamekasan dan pada tahun 2002 beliau tamat dari SD. Semasa SD, beliau cukup berperan dalam kemajuan sekolahnya baik akademis ataupun non-akademis. Pada tahun 2001, beliau ditunjuk menjadi perwakilan dalam berbagai even perlombaan yang diadakan di kecamatan kota ke-2 setelah pamekasan itu. Dari even tersebut beliau menyumbangkan banyak penghargaan sebut saja lomba bidang studi matematika untuk bidang akademis dan tenis meja untuk kategori non akademis dan banyak lagi yang lainnya. Selesai dari SD, beliau langsung melanjutkan ke SMP dimana selama 3 tahun pendidikannya beliau tidak mengenyam kejuaraan apapun. Pada tahun 2005, beliau melanjutkan ke SMA favorit di kota pamekasan yaitu SMAN 3 Pamekasan. Di sanalah, karir beliau mulai terlihat mulai dari Olimpiade fisika yang sifatnya akademis dan karya ilmiah yang sifatnya penunjang. Tamat SMA, beliau melanjutkan ke Universitas Brawijaya dst.

                  Keinginan serta visi dan misi hidupnya yang membawa seorang Abdussalam terjun ke dunia pendidikan yang sampai saat ini masih jadi polemik intrinsik di negeri ini sehingga dengan komitmennya ini, beliau menciptakan ruang bagi mereka yang tidak terwadahi oleh instansi pemerintah untuk bersama-sama membangun pendidikan Indonesia menjadi lebih baik khususnya pendidikan di tanah kelahirannya. Maka, terbentuklah AIS yang memiliki kepanjangan Abdussalam Innovation Studies dengan Visi dan Misi yang jelas.

Tidak ada komentar: